Liburan Ala Santri TPA Al-Munawwar Kuningan Karangmalang


Setelah kurang lebih satu minggu melaksanakan ujian kenaikan kelas, ada hal unik yang dilakukan anakanak TPA Al-Munawwar, Kuningan, Sleman, Yogyakarta. Pada hari Sabtu dan Minggu,  tanggal 15 dan 16 Juni 2012 mereka mengikuti kegiatan   Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) ala TPA yang dilaksanakn oleh Takmir Masjid Al-Munawwar. MABIT dilaksanakan mulai pukul 19.00 pada hari Sabtu  dan berakhir pukul 10.00 pada keesokan harinya.  



     Dalam kegiatan mabit ini di ikuti oleh sekitar 20 santri TPA Al-Munawwar, mulai dari yang masih duduk di bangku TK hingga yang sudah kelas VI SD.  MABIT dilaksanakan di dalam Masjid Al-Munawwar. Untuk putri di lantai dua dan untuk putra di lantai satu. Dengan dipandu beberapa ustad/ustazah TPA diantaranya Anis Gunawan, Farid, Gufron Wahyu, Ana, Nita, Wahyu Apriliani, dan Siti Maesyaroh, para santri dengan tertib mengikuti serangkaian agenda yang dilaksanakan.
     Dibuka oleh ustadz Anis,  awalnya santri sulit dikondisikan justru mereka sibuk bermain sendiri. Namun ketika pemutaran film pertama yaitu mengenai Kisah Qorun yang Sombong, para santri mulai antusias mengikutinya. Sambil minum teh hangat dan makan snack ringan yang disediakan panitia, para santri dengan tenang dan tertib mengikuti alur cerita yang ada. Setelah itu dilanjutkan dengan film yeng berjudul  Tiga Pemuda di Dalam Gua, dan Rosullulah dan Pengemis Buta.



  Keesokan harinya, sekitar pukul 03.00 para santri TPA dibangunkan untuk di ajak sholat Tahajjud bersama dilanjutkan dengan sholat Subuh berjama’ah. Tujuannya adalah untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak kecil, mulai dari sholat tahajjud hingga sholat subuh berjamaah. Usai sholat subuh Santri bersama-sama dengan Ustadz/ah melakukan riyadhoh (olahraga) ringan didepan halaman masjid, agar kondisi tubuh lebih fresh dan siap menjalani aktivitas nanti siang yang pastinya akan lebih seru!



 Dan inilah kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu para santri, Yup! adalah sepeda santai bersama.  Rute sepeda santai kali ini adalah dari Masjid Al-Munawwar, Kuningan menuju daerah Babarsari yaitu sebuah kali di bawah jembatan Babarsari. Sepanjang perjalanan tampak wajah-wajah santri yang sangat senang mengikuti serangkaian agenda tersebut. Dipandu oleh ustad Gufron dan beberapa ustazah lainnya perjalanan menuju babarsari berlangsung lancar. Sesampainya di kali Babarsari mereka langsung menceburkan diri ke kali. Tanpa rasa canggung para santri dan ustad/ustazahnya berbaur bermain bersama. Suasana semakin seru ketika para santri di ajak bermain bola air.  





    
      Serangkaian kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) TPA Al-Munawwar telah selesai dan ditutup pada pukul 09.00 pagi. meninggalkan sungai Babarsari dalam kondisi basah namun tidak menyurutkan semangat mereka. Kemudian  ditutup oleh salah seorang ustad dan kemudian  semua santri meninggalkan masjid dan kembali menuju rumah masing-masing.

~Reported by: Ustadzah Siti Maysaroh ~

------------------------------------------------------------------------------------------------- Blogger yang baik meninggalkan jejak komentar... ------------------------------------------------------------------------------------------------- Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

2 komentar:

[Reply Comment] 20 Juni 2012 pukul 02.36 Reply
mantep banget. ::matabelo::
[Reply Comment] 20 Juni 2012 pukul 04.18 Reply
wah fotoku sedikit sekali

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More