Departemen Kewirausahaan TMM

      Masjid merupakan tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban ummat islam. Sejarah telah membuktikan keberhasilan multi fungsi peranan masjid dalam mengembangkan dan mewarnai kehidupan bermasyarakat, khususnya dikalangan ummat islam. Masjid bkan hanya difungsikan sebagai tempat shalat melainkan juga sebagai pusat pengkajian ilmu, pusat kesehatan, perekonomian dan pengembangan keterampilan ummat islam. 
    
     Rasulullah Muhammad SAW telah mencontohkan multifungsi masjid dalam membina dan mengurusi seluruh kepentingan mmat, baik dalam ekonomi, politik, sosial, kesehatan, bahkan militer. 

    Dalam kondisi kekinian multi fungsi dan peranan Masjid dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang maju dan berperadaban, khususny dalam hal ekonomi sangat diharapkan. Gagasan tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui masjid bukan merupakan hal baru. Ide ini sudah banyak dipaparkan oleh para pakar pemberdayaan dan keumatan. Hanya saja dalam tataran implementasinya sering tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

      Masjid Al Munawwar, salah satu Masjid yang berada di Yogyakarta tepatnya di Kuningan, Catur Tunggal, Depok Sleman berusaha menerapkan gagasan-gagasan multi fungsi dan peran Masjid tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan menjadikan Masjid Al Munawwar sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan khususnya bagi ummat islam yang ada disekitarnya. Dalam hal pemberdayaan ekonomi Masyarakat Masjid Al Munawwar telah membentuk suatu Badan Seni Otonom yang diberi Nama Departemen kewirausaan Takmir Masjid Al Munawwar (KWU TMM). Pada awalnya badan ini hanya bertujuan membangun usaha-usaha untuk menciptaka Masjid Al Munawwar yang Mandiri dalam hal finansial. 
      Seiring berjalannya waktu, badan ini tidak hanya mencari dana yang sekiranya halal untuk kemandirian finansial TMM tetapi juga berusaha menumbuhkan jiwa-jiwa wirausaha bagi warga sekitar khususnya bagi anggota internal TMM sendiri. 

Berikut adalah usaha-usaha KWU TMM dalam mewujudkan misi-misinya: 
1. Penitipan kotak infaq diwarung-warung makan yang ada di kampung kuningan 
2. Pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda kampung kuningan 
3. Penyaluran zakat infaq shodaqoh 
4. Membuat usaha-usaha mandiri yang berorientasi profit. 

      Meskipun belum semua program berjalan maksimal dan berjalan sesuai dengan target yang direncanakan diawal akan tetapi keberadaan KWU TMM kedepan diharapkan bisa berperan dalam kemajuan ummat islam dikampung kuningan khususnya dalam hal ekonomi.

------------------------------------------------------------------------------------------------- Blogger yang baik meninggalkan jejak komentar... ------------------------------------------------------------------------------------------------- Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More