PROFIL KEPUTRIAN TMM

PROFIL KEPUTRIAN AL-MUNAWWAR KUNINGAN
YOGYAKARTA

Bismillahirrahmaanirrahiim..
Muslimah merupakan bagian dari masyarakat yang sangat menentukan  perannya dalam membentuk generasi dan menciptakan peradaban. Sejarah telah mencatat, terdapat banyak kisah betapa muslimah (wanita) di sekitar  para nabi sangat berperan di dalam membantu tugas dakwah para nabi. Sebagai contoh misalnya peran Siti Aisiah  istri Firaun, di tengah kehidupan jahil Firaun dan anak buahnya. Aisiah telah menunjukkan keteguhannya dalam memegang keimanan kepada Allah SWT, dan kepada Musa AS, walaupun harus menanggung ujian berat. Kita lihat juga bagaimana peran Siti Hajar ibunda nabi Ismail AS, dalam mendidik anaknya sehingga mampu menjadi hamba Allah yang sabar ketika menerima perintah  untuk disembelih. Lihatlah juga bagaimana pengorbanan dan perjuangan Khadijah RA dalam membela dakwah suaminya. Peran Asma binti Abu Bakar yang telah membantu kesuksesan dakwah Rasulullah SAW. Kepandaian Aisyah RA, sehingga mampu mendidik kaum wanita sepeninggal Rasul, dengan mengajarkan berbagai macam hadits.
Munculnya muslimah yang demikian besar perannya dalam kehidupan dan sejarah perjuangan  para nabi, tentu tidak secara instan dan tiba-tiba. Mereka semua menjadi muslimah yang tangguh dalam segala hal, adalah berkat adanya proses pembinaan yang berkelanjutan.
Maka jika kita semua, tanpa kecuali, baik laki-laki ataupun perempuan ingin mengulang sejarah, mengukir kembali pribadi-pribadi muslimah yang siap mendukung terciptanya peradaban Islam yang gemilang, mestilah memberikan dukungan yang penuh terhadap aktivitas tarbiyah muslimah. Pemahaman ini penting, sehingga akan ada kerja sama  yang selaras antara ikhwan dan akhwat dalam mensukseskan program tarbiyah muslimah.

TUJUAN                   : Teroptimalkannya potensi Muslimah
SASARAN                 : Muslimah di Kampung Kuningan
ARAHAN KERJA   :
i.      Meningkatkan potensi diniyah, fikriyah, jasadiyah, dan keterampilan
ii.    Membentuk wadah kegiatan muslimah yang solid dan produktif
iii.  Meningkatkan ukhuwah antar muslimah Kampung Kuningan
iv.  Mengadakan kegiatan keislaman secara rutin
PROGRAM DAKWAH
v KURMA (Kajian Rutin Rabu Malam)
Deskripsi Kegiatan           : Pembinaan tsaqofah kemuslimahan melalui kajian rutin tiap rabu malam pukul 20.00 WIB di Masjid Al Munawwar lantai 1.
Sasaran Kegiatan             : Remaja muslimah dan ibu2 Kampung Kuningan
Esensi Kegiatan               : Meningkatkan potensi diniyah dan fikriyah

v Tadarus
Deskripsi Kegiatan           : Belajar tajwid dan tadarus tiap sabtu dan ahad malam pukul 20.00 WIB di Masjid Al Munawwar lantai 1.
Sasaran Kegiatan             : Remaja muslimah dan ibu2 Kampung Kuningan
Esensi Kegiatan               : Meningkatkan pengetahuan dan pengamalan membaca Al-Qur’an secara benar dan lancar

v MFD (Muslimah Fun Day)
Deskripsi Kegiatan   : Wahana bagi muslimah untuk refreshing dan mengembangkan softskill kemuslimahan dan jasadiyahnya, dikemas dalam bentuk olahraga, dll
Sasaran Kegiatan           : Remaja muslimah dan ibu2 Kampung Kuningan
Esensi Kegiatan              : Mengembangkan potensi jasadiyah

v Kajian Kos
Deskripsi Kegiatan           : Merupakan forum silaturahim, konsultasi, dan koordinasi antara keputrian dengan remaja muslimah Kuningan
Sasaran Kegiatan             : Remaja muslimah Kampung Kuningan
Esensi kegiatan                : Membentuk wadah kegiatan muslimah yang solid
Waktu dan Tempat          : Senin malam, minggu kedua. 1x tiap bulan.

v ROKET (Roadshow Keputrian)
Deskripsi Kegiatan           : Silaturahim ke rumah ibu2 warga Kampung Kuningan, baik yang aktif mengikuti kajian maupun yang belum aktif.
Sasaran Kegiatan             : Ibu2 Kampung Kuningan
Esensi Kegiatan               : Meningkatkan ukhuwah antara pengurus dengan ibu-ibu Kampung Kuningan
Waktu dan Tempat          : Kondisional


PENUTUP
Semoga apa yang telah kami niatkan dan yang akan kami laksanakan ini dapat bermanfaat dan mendapat Ridho dari Allah SWT, sehingga dicatat sebagai amal kebaikan serta diterima di sisi-Nya.
Keputrian mengharap partisipasi dan kontribusi dari semua pihak demi suksesnya dakwah muslimah ini.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki – laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS. An-Nahl: 97).

”Sesungguhnya wanita adalah tiang negara, jika ia baik maka baiklah negara itu, dan jika ia rusak, maka rusaklah negara itu”. (Al Hadist)
”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah”. (HR.Muslim)


J
J J J
J J J J J

------------------------------------------------------------------------------------------------- Blogger yang baik meninggalkan jejak komentar... ------------------------------------------------------------------------------------------------- Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More