Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak

        Sudahkah Anda mengenalkan huruf-huruf hijaiyah kepada putra putri Anda? Apakah Anda termasuk orangtua yang memasukkan anak-anak ke TPA atau madrasah sore untuk belajar membaca Al-Qur’an?
Sebagian besar orangtua mengeluhkan betapa sulitnya memahamkan anak untuk dapat cepat membaca iqra’ atau Al-Qur’an. Padahal, sebetulnya jika sejak dini anak-anak dibiasakan akrab dengan huruf-huruf hijaiyah, bacaan Al-Qur’an, mereka akan sangat mudah menguasainya.

Dibawah ini ada video tentang anak yang baru berumur 1 tahun namun sudah dibiasakan mengenal huruf hijaiyah dengan media pembelajaran sederhana.
 


Namun banyak anak mengalami kesulitan untuk belajar, mengenal dan memahami huruf hijaiyyah. Hal ini menyebabkan anak menjadi enggan atau malas untuk belajar huruf hijaiyyah. Padahal belajar huruf hijaiyyah merupakan pelajaran yang sangat utama dan penting karena merupakan tahap dasar untuk bisa membaca AL-Quran, Kalamullah, Kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Membaca Al-Quran merupakan sebab datangnya hidayah, sebab keutamaan yang diberikan oleh Allah kepada setiap yang membaca, memahami, menghafal dan mengamalkannya. Al-Quran merupakan tali agama Allah yang kokoh, yang akan menjadi wasilah dan syafaat bagi yang menghafalnya dan juga menjadi sebab Allah akan menyematkan mahkota kemuliaan kepada orangtua yang anaknya senantiasa belajar, menghafal, memahami dan mengamalkan Al-Quran dihari kiamat kelak. Sehingga sudah seharusnya kita sebagai orangtua melakukan berbagai cara belajar yang menyenangkan agar anak bersemangat belajar dan cepat bisa mengenal huruf hijaiyyahm belajar merangkainya dan kemudian menghafalnya.

Salah satu cara menyiasatinya yaitu dengan mengenalkan huruf pada anak dengan metode pembelajaran aplikatif, seperti pada video berikut, sehingga anak akan merasa happy namun ilmu tetap masuk.

Menghafal huruf hijaiyah 1


Menghafal huruf hijaiyah 2


So, siapa bilang mengajari Al Qur'an pada anak itu susah??

------------------------------------------------------------------------------------------------- Blogger yang baik meninggalkan jejak komentar... ------------------------------------------------------------------------------------------------- Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More